Apa itu Aplikasi XAMPP (Penjelasan Mengenai XAMPP)

5:28:00 AM

Baca Juga

apa itu xampp, apa itu xampp for windows, apa itu xampp dan kegunaannya, apa itu xampp control panel, apa itu xampp server, apa itu xampp-win32, apa itu xampp control, apa arti xampp, apa itu aphasia xampp, apa itu mysql xampp, apa itu tomcat xampp, apa sih xampp itu, apa itu bitnami for xampp, apa itu apache xampp, apa guna xampp, apa gunanya xampp, apa kegunaan xampp, apa kepanjangan xampp, mengenal xampp, localhost/phpmyadmin, localhost adalah, localhost 8090, localhost 8080, localhost 8282 sqs, localhost xampp, localhost/xampp, localhost/wordpress, localhost/joomla/administrator, localhost/xampp/index.php
xampp adalah sebuah software yang di gunakan untuk keperluan website karena di dalamnya sudah terinclude beberapa aplikasi lainnya seperti Apache, MySQL, PHP, phpmyadmin yang banyak digunakan untuk membantu pengembangan website dan aplikasi berbasis web pada komputer lokal kita, sehingga untuk proses pembuatan/pengembangan kita tidak perlu terkoneksi ke internet untuk menggunakan layanan file hosting tempat file/aplikasi web kita jalankan, sehingga hal ini membuat kita bisa menghemat pemakaian bandwith internet kita.

seperti yang sudah saya katakan di atas xampp sudah terintegrasi dengan aplikasi lainnya, namun apakah anda mengetahui  fungsi dari masing-masing aplikasi tersebut, baik akan saya jelaskan sedikit mengenai fungsi dari aplikasi diatas.

    Apache

    adalah aplikasi web server yang digunakan untuk melayani layanan web server pada protokol http dan mampu berjalan di berbagai platform system operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) sehingga menjadikan apache banyak digunakan sebagai web server di seluruh dunia.

    Tugas utama apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada peminta, berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web. Jika diperlukan juga berdasarkan kode PHP yang dituliskan, maka dapat saja suatu database diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untuk mendukung halaman web yang dihasilkan
     

    MySQL

    MySQL adalah sebuah aplikasi database (basis data) yang digunakan untuk menampung sekumpulan data yang nantinya akan di tampilkan, mysql banyak digunakan untuk keperluan website dan aplikasi yang membutuhkan database, MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengola database beserta isinya. Kita dapat memanfaatkan MySQL untuk menambahkan, mengubah dan menghapus data yang berada dalam database. MySQL merupakan sisitem manajemen database yang bersifat at relational. Artinya data-data yang dikelola dalam database akan diletakkan pada beberapa tabel yang terpisah sehingga manipulasi data akan menjadi jauh lebih cepat.


    Baca Juga : Tutorial Cara Membuat Microsoft Loopback Adapter


    PHP

    mendengar kata php pasti hal sudah tidak asing lagi bagi kita, php merupakan salah satu bahasa pemrograman yang banyak di pakai untuk pembuatan website beserta aplikasinya di seluruh dunia, mungkin beberapa pembaca disini adalah programmer itu sendiri (Ajarin Ane php dong om), PHP merupakan singkatan dari ” Hypertext Preprocessor”, PHP adalah sebuah bahasa scripting yang terpasang pada HTML.  Sebagian besar sintaksnya  mirip dengan bahasa pemrograman  C, Java, asp dan Perl,  ditambah beberapa fungsi PHP yang spesifik.

    PHPMyadmin

    adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengelola sebuah database di dalam system tersebut mulai dari, menambahkan, menghapus, mengedit semua di bisa di lakukan dari panel phpmyadmin ini.



    Download XAMPP Official | SourceForge

    Artikel Terkait

    Previous
    Next Post »